Momentum Pelayanan KB Hari Kontrasepsi dan TMKK
Pelayanan KB

Jumat, 30 Sep 2022 | 10:46:11 WIB - Oleh Administrator


Momentum Pelayanan KB Hari Kontrasepsi dan TMKK

Margoyoso, Pati. Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi tanggal 26 September 2022 serta TMKK, maka OPD KB bekerjasama dengan Kodim Pati serta RSI sebagai penyelenggara, melaksanakan kegiatan pelayanan KB MKJP pada hari kamis, 29 September 2022. Kegiatan yang digelar untuk bakti masyarakat, khususnya eks.kawedanan Tayu tersebut, melayani akseptor MOW, MOP, IUD juga Implan, baik peserta KB baru, ganti cara maupun ulang.

Sebagai salah satu kecamatan yang berada di wilayah eks.kawedanan Tayu, Gunungwungkal berpartisipasi dengan memberikan layanan bagi 10 akseptor implant, yang bersal dari desa Pesagen 4 orang, Jrahi 2 orang, serta Sampok. Bancak, Sumberrejo dan Giling, masing-masing 1 akseptor. Sebelumnya Puskesmas Gunungwungkal juga melaksanakan pelayanan serupa dengan total akseptor implant 14 orang pada bulan Agustus, serta 4 orang di bulan September 2022.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh PJ Bupati Pati, jajaran Kodim, OPD KB Provinsi Jateng dan Kabupaten Pati ini, mendapat antusias positif dari masyarakat. Terbukti dari jumlah akseptor yang cukup banyak, memadati lantai dua RSI.

Dengan adanya pelayanan ini, diharapkan kesertaan KB baru dari masyarakat terutama pasca salin akan berlanjut secara kontinyu menjadi peserta aktif. Outputnya, semakin tinggi kuantitas CPR, akan berimbas pada menurunnya angka Unmet need diwilayah Pati.

Kedepan, bukan hanya implant ataupun MOW, tetapi grafik menanjak kesertaan KB di kecamatan Gunungwungkal juga diikuti oleh peserta IUD dan MOP. Mengingat keduanya masih terhitung minim peminat. Padahal jika diurai, keduanya justru memiliki kelebihan, sama-sama bersifat non-hormonal, jangka panjang serta rendah resiko kegagalan. 

 

 

                                                -Balai Penyuluhan KB Kecamatan Gunungwungkal-